Tutorial : Menampilkan Windows Photo Viewer Pada Windows 10

Windows 10 merupakan sebuah sistem oprasi terbaru yang merupakan sistem oprasi trend yang saat ini dapat mengungguli windows 7 yang  merupakan hasil penyempurnaan dari Windows 8, namun kekurangan dari windows 10, secara default kita tidak dapat menemukan lagi aplikasi Windows PhotoViewer padahal pada dasarnya aplikasi tersebut masih ada dalam sistem sehingga perlu untuk di aktifkan kembali.
 Menampilkan Windows Photo Viewer  Pada Windows 10
Pada Windows 10 apabila anda klik kanan sebuah gambar/image anda tidak akan melihat opsi melihat gambar dengan Windows Photo Viewer melainkan Paint dan Photos saja ini lah kelemahannya karena dengan ini maka Microsoft memaksa pengguna menggunakan aplikasi baru bernama “Photos” untuk melihat dan mengedit gambar, sebagai ganti Windows Photo Viewer. Ini bagus, tetapi mungkin banyak pengguna yang masih menggunakan PC tradisional ingin melihat melihat gambar menggunakan Windows Photo Viewer. Alasannya karena sederhana, misalnya karena bisa membesarkan gambar dengan mouse scrolling atau alasan-alasan lainnya.
Pada Windows 10 Tidak ada lagi cara untuk mengatur Windows Photo Viewer sebagai default untuk membuka file gambar karena hilang dari daftar di aplikasi Settings > System > Default. Control Panel klasik juga memungkinkan hanya file TIFF berhubungan dengan Photo Viewer. Meskipun begitu pengguna masih dapat memperbaiki pembatasan ini dengan tweak regitry.
Berikut cara Menampilkan Windows Photo Viewer  Pada Windows 10 

Buka Registry Editor 

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Photo Viewer\Capabilities\FileAssociations
Di sana Anda akan menemukan dua string yaitu
“.tif”=”PhotoViewer.FileAssoc.Tiff” dan “.tiff”=”PhotoViewer.FileAssoc.Tiff”.
 Menampilkan Windows Photo Viewer  Pada Windows 10




1.      Default registry photo viewer windows 10 Untuk mengaktifkan Windows Photo Viewer kita perlu menambahkan string sesuai dengan ekstensi file photo atau gambar yang akan kita buka menggunakan Photo Viewer ini. 


Misalnya, untuk file *.PNG, kita tambahkan string “.png”=”PhotoViewer.FileAssoc.Tiff”. edit registry photo viewer windows 10 Agar lebih 

 Menampilkan Windows Photo Viewer  Pada Windows 10




 Misalnya, untuk file *.PNG, kita tambahkan string “.png”=”PhotoViewer.FileAssoc.Tiff”. edit registry photo viewer windows 10 Agar lebih lengkap silahkan tambahkan string lain sebagai berikut: 
".bmp"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".dib"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".gif"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".jfif"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".jpe"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".jpeg"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".jpg"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".jxr"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".png"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".tif"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".tiff"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" ".wdp"="PhotoViewer.FileAssoc.Tiff"
demikian semoga memberikan manfaat bagi rekan rekan teknisi khusunya.
  

Komentar

Postingan Populer