Tutorial : Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Para Pembeli

Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Para Pembeli

Laptop saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi para pelajar, mahasiswa dan para pegawai, karena memang dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka entah itu tugas kantor, tugas, kampus bahkan tugas sekolah semuanya memerlukan alat yang namanya komputer, jadi saat ini komputer sudah merupakan salahsatu kebutuhan pokok bagi mereka, oleh karena itu kali ini saya posting mengenai Cara Memilih Laptop Yang Bagus  dengan harapan anda yang mau membeli laptop dan membaca artikel ini mendapatkan laptop yang bagus sesuai dengan kebutuhan dan memberikan manfaat yang efisian kepada anda.
 Mengapa Para Pemula harus  memilih laptop yang bagus ...??, ini merupakan sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para calon pembeli laptop, jawabanya cukup sederhana dan simple, seorang pemula dalam menggunakan sesuatu itu cenderung mengalami mal praktik, bukan hanya sekali bahkan itu terjadi berkali kali, lah terus kalau laptop mereka tidak bagus pasti akan mudah rusak dan harus service kan, pasti keluar modal kembali, itu pun tidak sedikit... akhirnya mau irit tapi malah merit. oleh karena itu pemilihan laptop yang bagus  adalah sangat penting. demikian caranya :

Cara Memilih Laptop Yang Bagus

  • Bandingkan Spesifikasi dan Harga  

    Laptop yang baik tentunya yang memiliki Spesifikasi yang tinggi namun memiliki Harga yang rendah. Jangan sampai kebalik, kadang dalam hal ini masih banyak saja rekan rekan kita para pemula yang terbalik dalam memilih laptop yang akan dibelinya sehingga akhirnya kerugian didapatinya oleh karena itu artikel Cara Memilih Laptop Yang Bagus  ini saya anggap penting.

  • Sesuaikan Spesifikasi Laptop Dengan Profesi
          Hal yang tak kalah penting berikutnya adalah mengenali tujuan Anda membeli Laptop tersebut, jadi nantinya Anda bisa menyesuaikan spesifikasi yang tepat.               
    Pelajar : Pelajar biasanya menggunakan Laptop untuk mengetik dan bermain game ringan seperti game house dan semacamnya, dan tipe seperti ini tidak memerlukan spesifikasi latop yang tinggi, cukup dengan Processor : Core i3 generasi 3 (tanpa VGA) sudah cukup mengakomodir kebutuhan pelajar tersebut.                                                       

    Pegawai : Pegawai kantoran biasanya hanya membuka program kecil atau ringan seperti Ms. Word dan Ms. Excel, dan program seperti itu tidaklah memakan ram yang besar, jadi cukup dengan membeli Laptop yang mempunyai Processor Core i3 dan Ram 2GB sudah lebih dari cukup.  
    Gamer : Tipe yang satu ini perlu laptop khusus, atau biasa disebut dengan Laptop gamer. Dan spesifikasi yang umum dipakai seorang gamer adalah memiliki Processor Core i7 dan VGA minimal GTX 680.                                             
    Designer : Tak jauh beda dengan gamer, profesi yang satu ini juga dituntut memiliki Laptop yang kuat demi menunjang aktifitasnya dalam mendesign gambar maupun video, yang notabenya memerlukan Ram dan Processor tinggi.
    Jadi intinya sesuaikan Spesifikasi Laptop dengan pekerjaan Anda.                                
  • Tentukan Ukuruan Layar Yang Tepat
    Ukuran layar akan sangat berpengaruh pada kinerja Anda, untuk itu wajib disesuaikan juga dengan profesi Anda.                                                                    
  • Cek Harga Pasaran
    Ketika kamu sudah memutuskan laptop bekas atau second mana yang mau dibeli, jangan lupa cek harga pasaran dari laptop bekas tersebut, cari saja di situs jual-beli online.  Sehingga ketika proses tawar menawar kamu bisa menawar dengan harga terbaik.                                                                                                                
  • Lama Penggunaan
    Semakin lama penggunaan laptop sebanding dengan kualitas aksesoris didalamnya. Kalau bisa cari laptop bekas yang berumur tidak lebih dari 1 tahun. Karena jika sudah terlalu lama biasanya sudah ada perangkat didalamnya yang pernah rusak atau sudah harus diganti.                                                                                                                                      
  • Ajak Teman yang Mengerti IT
    Kamu bisa mengajak teman kamu yang mengerti komputer atau IT, agar dia bisa memastikan semua komponen seperti hardware, spesifikasi, keadaan laptop dalam keadaan baik dan normal.                                                                                                                               
  • Cek Segel Laptop
    Langkah yang sering dilupakan ketika membeli laptop seond adalah mengecek segel laptop, karena jika segel dalam keadaan rusak berarti laptop sudah pernah diservice atau dibongkar. Ketika kamu memeriksa segel pada laptop yang akan dibeli berarti kamu mempertimbangkan kemungkinan kerusakan yang akan terjadi dimasa mendatang.                                                                                                                    
  • Garansi Kerusakan
    Garansi terhadap kerusakan wajib kamu tanyakan, apa laptop ini masih dapat garansi atau tidak. Karena jika laptop tersebut masih memiliki garansi, laptop tersebut aman.           
  • Kelengkapan Laptop
    Periksalah kelengkapan laptop tersebut seperti charger, buku manual, cd-room, dus, cd driver, dan kelengkapan yang lain.                                                                                                                     
  • Kondisi Baterai dan Charger
    Hal ini tentu penting, karena hal ini bisa menunjang mobilitas kamu. Kamu harus memastikan kondisi baterai pada laptop yang akan kamu beli, caranya bukan hanya dengan melihat baterainya saja saat kondisi hidup, tapi kamu bisa mengulur-ulur waktu ketika mencoba laptop tersebut, kamu bisa mengajak ngobrol penjual untuk memberikan kurun waktu pada laptopnya, disini kamu bisa mengetahui  penurunan presentasi baterainya. Selanjutnya kamu cek chargernya, lakukan pengecasan dan lihat apakah baterai terisi dengan normal apa tidak dengan charger tersebut.                 
  • Kondisi Fisik
    Kondisi fisik memang bukan segalanya, tapi kondisi fisik dapat mencerminkan bagaimana perilaku pemiliknya dalam merawat laptop tersebut. Kamu harus memperhatikan setiap sudut dan bagian dari laptop tersebut, karena jika pernah terjatuh akan terlihat ada retak ataupun goresan atau lecet-lecet. Selanjutnya kamu harus memeriksa bagian casingnya, periksa bagian port-port yang ada seperti port USB, jaringan, port audio, dan lain-lain. Apakah berfungsi dengan baik apa tidak. Lalu langkah selanjutnya periksa kondisi engsel laptop, engsel pada laptop ialah bagian yang sensitif dan rentan rusak jika si pengguna tidak hati-hati.


    Demikian lah cara memilih laptop yang bagus , selamat membeli dan semoga barang yang akan anda beli membawa manfaat bagi anda, untuk mendapatkan info info lain seputar komputer dan android 

Komentar

Postingan Populer